Kaksaacitya.com – Sebagian besar orang terkadang masih asing atau bertanya-tanya pada jurusan sastra Indonesia. Sastra Indonesia itu ngapain sih? Kalau di Sastra besok kerja jadi apa? dan masih banyak lagi pertanyaan yang biasanya selalu ditanyakan kebanyakan orang mengenai jurusan sastra. Padahal jika kita amati, pahami, dan masuk pada jurusan ini, banyak kok potensi dalam profesi dunia kerja nantinya. Nah, kira-kira apa saja itu? Hal itu akan dipaparkan sebagai berikut. 

Tidak perlu khawatir dan bingung jika ingin berkuliah di sastra dan khususnya bagi para lulusan sastra. Berikut ini ada beberapa profesi kerja menarik yang cocok bagi kalian lulusan sastra Indonesia. 

1. Penulis 

Jurusan atau lulusan sastra nantinya dapat berpotensi atau memiliki peluang besar menjadi seorang penulis. Misalnya seperti, penulis puisi, penulis cerpen, penuls naskah film, dan yang lainnya. Hal itu karena lulusan sastra Indonesia pasti lebih menguasai tata bahasa dibandingkan dengan lulusan jurusan lain. 

2. Content writer 

Para lulusan sastra Indonesia berpotensi menjadi seorang content writer. Seorang content writer merupakan profesi menjadi pembuat atau penulis konten di sebuah platform. 

3. Copy writer 

Lulusan sastra Indonesia juga memiliki peluang bekerja di sebuah perusahaan iklan. Kalian dapat menjadi seorang penulis naskah iklan untuk suatu perusahaan yang nantinya akan disiarkan diberbagai platform media. 

Baca Juga : https://www.kompas.com/tren/read/2022/06/25/100500265/prospek-kerja-lulusan-sastra-indonesia?page=all&lgn_method=google# 

4. Akademisi 

Bagi para lulusan sastra Indonesia juga memiliki peluang menjadi seorang akademisi atau pengajar. Baik itu pengajar sebagai guru di sekolah maupun dosen di Universitas. Walaupun akan bersaing dengan lulusan pendidikan, tetapi lulusan sastra juga memiliki peluang yang besar karena ilmu pengetahuan yang diajarkan lebih banyak dibandingkan dengan yang jurusan pendidikan khususnya dibidang Bahasa Indonesia. 

5. Editor 

Seorang editor atau penyunting juga dapat menjadi potensi dan peluang kerja bagi para lulusan sastra Indonesia. Hal itu dikarenakan seorang lulusan sastra pasti sudah memiliki pengalaman lebih dalam menyunting dan juga menguasai tata bahasa yang benar. 

6. Jurnalis 

Bagi para lulusan sastra biasanya menginginkan atau bekerja menjadi seorang jurnalis atau wartawan. Kalian memiliki potensi dan peluang untuk menjadi jurnalis atau wartawan untuk menyampaikan suatu informasi di berbagai media. 

7. Leksikograf

Pengetahuan dan penguasaan bahasa yang ada menjadi potensi dan peluang bagi lulusan sastra untuk bekerja dibidang leksikograf. Leksikograf adalah profesi yang bekerja dalam membuat, menyusun, dan mengedit sebuah kamus. 

8. Production House 

Memiliki penguasaan dalam berbahasa menjadikan peluang bagi para lulusan sastra dalam bekerja di bidang production house. Production house merupakan profesi yang bekerja didunia pertelevisian. 

Demikian paparan mengenai delapan profesi yang dapat menjadi potensi dan peluang bagi para lulusan sastra Indonesia. Maka dari itu, jangan ragu, jangan khawatir, dan jangan bingung bagi kalian para lulusan sastra maupun yang ingin berkuliah dijurusan sastra Indonesia. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *