Kaksaacitya.com- Indonesia merupkan negara kepulauan, terhitung terdapat 17.000 lebih pulau di Indonesia. Banyaknya pulau menimbulkan keberagaman budaya di Indonesia. Salah satu contoh budaya Indonesia di tunjukkan melalui cerita rakyat.

Cerita rakyat merupakan salah satu bentuk karya sastra yaitu sastra lisan yang diceritakan secara turun menurun sejak dahulu kala oleh nenek moyang. Cerita rakyat sendiri dapat berupa adat istiadat, mitos, legenda atau kepercayaan yang berkembang di masyarakat Indonesia. Indonesia memiliki sekitar 1000 cerita rakyat yang berkembang di masyarakat Indonesia.

Pada saat ini cerita rakyat tidak banyak dikenali oleh masyarakat Indonesia terutama anak muda. Anak muda pada saat ini lebih senang mempelajari kebudayaan dari negara luar, seperti kebudayaan Korea, kebudayaan Western, kebudayaan Jepang, kebudayaan Thailand dan kebudayaan negara lainnya.

Penyebab anak muda jaman sekarang tidak mengenali cerita rakyat adalah pada jaman sekarang orang-orang lebih senang menonton drama korea atau komik di webtoon atau novel-novel online. Hal ini menyebabkan cerita rakyat mulai dilupakan keberadaannya.

Pentingnya Mengenal Cerita Rakyat

Bagi masyarakat Indonesia, cerita rakyat merupakan hal yang penting dan perlu diketahui karena cerita rakyat merupakan kebudayaan Indonesia yang harus dilestarikan oleh masyarakat Indonesia supaya atensinya tidak hilang.

1. Cerita Rakyat dapat Meningkatkan Kreativitas

Mengenal cerita rakyat dapat meningkatkan kreativitas karena didalam cerita rakyat terdapat plot yang menarik dan terdapat kejadian-kejadian yang tidak terduga. Hal ini dapat merangsang kreativitas otak dalam berpikir dan berimajinasi. Pembaca cerita rakyat diajak untuk memikirkan alur dalam cerita seperti berbagai kemungkinan yang dapat terjadi dalam cerita rakyat. Hal ini dapat membantu kita untuk mengembangkan cara berpikir yang lebih kreatif.

2. Cerita Rakyat dapat Meningkatkan Pengetahuan tentang Indonesia

Mengenal cerita rakyat dapat meningkatkan pengetahuan tentang kebudayaan di Indonesia. Cerita rakyat merupakan salah satu budaya kebanggaan Indonesia. Dengan mengetahui cerita rakyat, pembaca dapat mengenal adat istiadat, kepercayaan, dan nilai-nilai moral yang ada di Indonesia. Kemudian dengan mengenal cerita rakyat membantu orang Indonesia untuk  lebih memahami keragaman budaya yang ada di Indonesia.

3. Cerita Rakyat dapat Dijadikan Teladan dalam Kehidupan

Dalam cerita rakyat terdapat tokoh-tokoh yang menarik, sikap-sikap tokoh tersebut dapat dijadikan teladan kehidupan. Dalam cerita rakyat mengandung pesan moral atau nilai-nilai sosial budaya yang baik. Pesan moral atau nilai-nilai sosial budaya ini dapat ditiru dan dapat dijadikan pedoman. Selain itu, banyak cerita rakyat yang menginspirasi untuk menjadi orang yang lebih baik. Ketika kita membaca atau mendengar cerita rakyat, kita dapat melihat bagaimana tokoh-tokoh dalam cerita tersebut menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan dalam hidup. Hal ini dapat menginspirasi kita untuk menjadi orang yang lebih kuat dan tangguh dalam menghadapi tantangan hidup.

Berikut ini merupakan salah satu cerita rakyat yang perlu diketahui oleh masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *