Kaksaacitya.com – Drama Korea berlatar belakang kehidupan militer yang menegangkan cukup digemari kalangan usia termasuk anak muda, benar kan kawan Kaca? Salah satunya adalah drama Korea berjudul D.P yang baru merilis season terbarunya pada bulan Juli lalu. Pada akhir musim terbarunya, dengan ending menggantung ini membuat penggemarnya semakin antusias untuk menanti cerita berikutnya. 

Sinopsis Drama D.P

D.P.  (Deserter Pursuit) merupakan nama unit pencari tentara pembangkang di Angkatan Darat Korea Selatan. Unit ini terdiri dibagi menjadi dua tentara pada setiap tim untuk mencari tentara yang melarikan diri dari tugas militer. Ahn Jun Ho, sebagai tokoh utama dalam drama ini, merupakan seorang tentara yang cerdas dan memiliki mata yang tajam, namun ia juga memiliki hati yang lembut. Dalam menjalankan tugasnya, Jun Ho ditemani rekan kerjanya yang seorang kopral berjiwa bebas bernama Han Ho Yeol. 


Perjalanan mereka untuk menangkap kembali para tentara desertir membuat mereka memahami alasan di balik pelarian mereka. Diantara mereka ada yang takut perang, ada yang melarikan diri karena dianiaya, ada yang membunuh rekan satu baraknya, dan melarikan diri dengan alasan yang lain. Alasan-alasan ini mendorong Jun Ho dan Ho Yeol untuk mempertanyakan sistem militer yang mereka layani.

Sisi Gelap Wajib Militer

Masyarakat kerap kali mengabaikan sisi gelap yang terjadi di dunia wajib militer. Drama ini berhasil mengangkat berbagai isu-isu termasuk isu sosial yang penting dan memberikan gambaran yang realistis pada realitas wajib militer di Korea Selatan. Selain itu, drama ini menggambarkan kegelapan yang terjadi di dunia wajib militer.

1. Kekerasan di Militer

Drama ini mengungkapkan berbagai bentuk kekerasan yang terjadi di dunia militer, baik itu kekerasan fisik, kekerasan verbal, sampai kekerasan psikologis. Kekerasan cenderung dilakukan oleh para atasan (senior) kepada para bawahan secara terbuka maupun diam-diam. Salah satunya terjadi pada tentara yang akhirnya melarikan diri bernama Shin Woo Suk, tentara yang dihajar hingga babak belur oleh seniornya di militer.

2. Sistem Militer yang Korup

Istilah ‘orang dalam’ juga diperlihatkan dalam drama ini. Sistem militer yang korup digambarkan sebagai sistem yang menutup-nutupi kasus kekerasan di militer dan melindungi para pelaku kekerasan. Salah satu contohnya pada kasus perwira Lee Joon Ho yang terlibat melakukan tindak kekerasan di militer dibebaskan dari tuduhan dan hukuman karena memiliki koneksi dengan pejabat militer yang berpengaruh.

3. Tekanan Psikologis

Dalam drama ini, tekanan psikologis terberat dialami oleh tokoh utama sendiri, Ahn Jun Ho. Wajib militer memberikan tekanan besar, menyebabkan stres dan trauma karena tugas berat seperti menangkap dan membawa pulang para desertir. Selain itu, lingkungan militer yang keras dan hubungan yang buruk dengan atasan memberikan guncangan psikologis pada para tentara. Tekanan ini menciptakan ketidaksempurnaan sistem militer yang tidak dapat diabaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *