Kaksaacitya.com – Pada saat ini handphone digunakan untuk kegiatan apa saja. Seperti berbelanja, belajar, berkomunikasi hingga bermain game. Hampir seluruh kegiatan sehari-hari dapat menggunakan handphone. 

Namun, penggunaan handphone secara terus-menerus tidaklah baik untuk Kesehatan manusia. Saat ini sudah banyak penyakit yang timbul akibat penggunaan handphone yang berlebihan. Oleh karena itu sebaiknya penggunaan handphone sendiri dikurangi.

Saat ini banyak kegiatan yang dapat dilakukan menggunakan handphone. Tetapi, penggunaan handphone yang terlalu sering juga dapat menimbulkan rasa bosan. Berikut ini adalah kegiatan yang dapat dilakukan ketika ingin mengurangi penggunaan handphone atau bosan bermain handphone.

  1. Menyusun Connection Blocks

Connection Blocks merupakan salah satu permainan yang populer saat era pandemi kemarin. Connection blocks merupakan mainan balok susun yang memiliki ukuran yang sangat kecil, ukurannya sekitar 1-2 milimeter. Balok-balok ini biasanya terbuat dari plastik ABS yang memiliki bahan yang aman untuk anak-anak. Connection blocks biasanya memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran. Bentuk connection blocks yang cukup populer seperti bentuk bangunan, kendaraan, hewan, dan karakter kartun. Connection blocks merupakan mainan untuk anak usia 6 tahun keatas. Namun, mainan ini juga dapat dimainkan oleh orang dewasa. Menyusun connection blocks dapat menghilangkan bosan dan stress.

2. Membuat Origami

Origami merupakan salah satu kerajinan yang sangat dikenal oleh masyarakat. Bahkan saat berada di tingkat sekolah dasar, siswa diajarkan untuk membuat origami. Origami merupakan seni tradisional Jepang yang cara pembuatannya dengan melipat kertas tanpa menggunakan lem atau alat tambahan untuk menciptakan suatu bentuk objek. Membuat origami memiliki banyak manfaat seperti untuk menyalurkan imajinasi, untuk mengekspresikan diri dan melatih kesabaran. Selain itu, membuat origami juga dapat meningkatkan kreativitas serta dapat mengurangi stress.

3. Membuat Scrapbook

Membuat scrapbook merupakan salah satu kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan selain bermain hp. Scrapbook merupakan kegiatan menempel foto dan memorabilia lainnya ke dalam sebuah buku atau album. Scrapbook dapat digunakan untuk mengabadikan kenangan, menceritakan kisah, atau sekadar mengekspresikan kreativitas. Scrapbook dapat dibuat dengan berbagai macam bahan dan alat. Bahan-bahan yang umum digunakan untuk membuat scrapbook antara lain kertas, lem, gunting, dan pena. Alat-alat yang umum digunakan antara lain gunting, pisau pemotong, dan alat perekat, sesuai dengan kreativitas. Membuat scrapbook dapat dibuat oleh orang-orang di segala usia.

4. Bermain Diamond Painting

Salah satu cara untuk menghilangkan rasa bosan dengan bermain diamond painting. Diamond painting adalah kerajinan tangan yang menggunakan manik-manik berbentuk berlian untuk menciptakan gambar. Manik-manik ini biasanya terbuat dari resin dan tersedia dalam berbagai warna dan ukuran. Diamond painting dapat dimainkan oleh orang disegala usia tidah hanya anak kecil saja. Diamond painting adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kreativitas, keterampilan, konsentrasi, dan kesabaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *