Kaksaacitya.com- Apakah kawan Kaca sudah menggunakan media sosial secara bijak? Penggunaan media sosial (medsos) secara bijak dan baik sangat penting bagi diri sendiri dan orang lain. Kira-kira apa saja yang perlu diperhatikan dalam bermedia sosial? Berikut ini ada beberapa hal yang perlu dipahami dan dicermati dalam menggunakan media sosial secara bijak.

1. Menjaga Etika Berkomunikasi di Media Sosial

Kita perlu memahami dan menjaga komunikasi melalui media sosial yang kita miliki. Menjaga itu dapat diartikan seperti tidak berkomentar dengan kata-kata yang dapat menyakiti, melecehkan, memancing emosi orang lain. Selain itu, juga berhati-hati dalam komunikasi melalui postingan yang kita buat. Hal itu dikarenakan terkadang apa yang kita komen atau posting di media sosial secara tidak langsung menyakiti atau menyinggung perasaan orang lain.

2. Waktu penggunaan media sosial secara efektif

Penggunaan media sosial secukupnya. Hal itu karena jangan sampai hal atau kegiatan lainnya terganggu dan bahkan terbengkalai hanya karena terlalu lama bermedia sosial. Misalnya waktu kebersamaan atau quality time  dengan keluarga menjadi berkurang, dan atau tugas, pekerjaan menjadi terlupakan karena terlalu asyik bermain media sosial.

3. Cermat dan Selektif dalam Menyebarkan Informasi

Informasi apa saja yang kita temui atau lihat di media sosial harus dicek atau dipastikan terlebih dahulu kebenarannya. Jangan sampai menyebarkan informasi yang kita tidak tahu dan ternyata itu tidak benar. Informasi sekecil apapun itu harus dicek atau dipastikan dahulu agar tidak merugikan banyak orang.

4. Menjaga privasi di ranah publik

Rahasia pribadi dan data pribadi milik diri sendiri harus benar-benar dijaga dan jangan sampai disebarkan ke orang lain melalui media sosial kita karena hal itu juga dapat membahayakan atau mengganggu kenyamanan diri sendiri atau bahkan juga orang lain. Jika data pribadi atau rahasia pribadi kita disebarluaskan secara sengaja atau tidak, juga dapat disalahgunakan oleh orang yang iseng atau tidak bertanggungjawab. Oleh karena itu, perlu berhati-hati dan sungguh dijaga.

5. Mencantumkan hak cipta atau sumber

Jangan lupakan mengenai hak cipta setiap individu atau kelompok. Sertakanlah sumber dari informasi yang akan disebar atau digunakan. Selain karena hak cipta tetapi juga agar informasi tersebut jelas sumbernya.

6. Bermedia Sosial untuk Hal Positif

Gunakanlah atau manfaatkanlah media sosial yang ada untuk hal-hal positif daripada hal tidak berguna dan tidak jelas yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Hal-hal positif tersebut, seperti menambah relasi atau koneksi untuk sesuatu yang positif, mengenalkan dan melestarikan budaya atau adat-istiadat di daerah masing-masing, dan sebagainya.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengguanakan media sosial secara bijak. Semoga kawan Kaca dapat bermedia sosial dengan bijak dan benar ya…

Baca juga : https://www.fimela.com/lifestyle/read/5049641/7-cara-cerdas-dan-bijak-menggunakan-media-sosial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *