Kaksaacitya.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Jogjakarta yang ke-267, terdapat berbagai rangkaian acara mulai dari tanggal 1-7 Oktober 2023. Berbagai macam acara dilaksanakan, misalnya seperti Yogowes (Jogja bersepeda), karnaval budaya pelajar, festival batik hingga acara puncak yaitu Wayang Jogja Night Carnival.

Acara puncak HUT Jogja ke-267 pada tanggal 7 Oktober 2023 dimeriahkan dengan adanya Wayang Jogja Night Carnival (WJNC). Wayang Jogja Night Carnival adalah karnaval jalanan (art on the street) yang mengusung tema budaya wayang Jawa dengan penggabungan konsep musik, busana, dan seni koreografi. Wayang Jogja Night Carnival dilaksanakan di monumen Tugu Jogja pada pukul 18.30 WIB. Antusiasme masyarakat Jogjakarta dan para wisatawan pun ikut meramaikan acara tersebut, mulai dari anak-anak hingga dewasa, baik warga lokal maupun mancanegara. Acara tersebut berlangsung meriah dari awal acara hingga akhir.

Semangat dan antusias masyarakat Jogjakarta dan wisatawan yang ingin menyaksikan acara WJNC ini sangat tinggi. Bahkan tidak sedikit pula masyarakat yang telah menunggu di sekitar monumen Tugu dari sore hari. Malam HUT Jogja ke-267 di Tugu dipenuhi oleh ‘lautan manusia’ yang ingin menyaksikan dan meramaikan acara ini.

Wayang Jogja Night Carnival 2023 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta dan didukung oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Sandiaga Uno.

“Kami dukung terus karena kalau dilihat ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif di Yogyakarta sudah banyak sekali kemajuan pascapandemi,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam The Weekly Brief with Sandi Uno, yang dilangsungkan di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (2/10/2023).

Baca Juga : https://kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-wayang-jogja-night-carnival-wjnc-2023-siap-meriahkan-hut-ke-267-yogyakarta https://jogja.tribunnews.com/2023/10/07/rundown-susunan-acara-wayang-jogja-night-carnival-wjnc-2023-malam-ini-di-tugu-jogja-1730-2140-wib?page=2

Selain dalam rangka menyemarakkan HUT Jogja ke-267 adapun tujuan diadakannya acara WJNC 2023 ini yaitu menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke Jogjakarta dan juga melestarikan serta memperkenalkan warisan budaya wayang. Tema dari WJNC 2023 ini adalah “Pandawa Mahabiseka” yang memiliki makna suatu filosofi kepemimpinan yang bijaksana dan mengungkapkan suka cita atas rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

7 kemantren di kota Jogja ikut ambil bagian dalam memeriahkan acara WJNC 2023. Berbagai konsep yang menarik dari budaya pewayangan dibawakan oleh 7 kemantren di Yogyakarta misalnya seperti, Punakawan, Pandawa, dan lain sebagainya. Mulai dari kostum atau busana, musik, koreografi, dan patung atau simbol tokoh wewayangan saling bersaing kreativitas antar kemantren.Tidak hanya karnaval wayang dari 7 kemantren saja tetapi juga dibuka dan ditutup dengan konser musik live serta pesta kembang api diakhir acara. WJNC 2023 berlangsung baik dan meriah dari awal hingga akhir acara ditambah dengan semangat masyarakat yang hadir langsung untuk menyaksikan. Acara Wayang Jogja Night Carnival 2023 dalam rangka merayakan hut Jogja ke-267 ditutup dengan kembang api dan musik live dengan lagu berjudul “Koyo Jogja Istimewa”. Ribuan masyarakat yang memenuhi Tugu Jogja asik menyaksikan kembang api dan bergoyang menikmati lagu yang dibawakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *