Kaksaacitya.com- Kawan KACA pasti tahu kan ya.. kalau akhir-akhir ini di media sosial banyak berita atau informasi bunuh diri yang salah satunya disebabkan oleh faktor stres atau beban pikiran. Sebagian besar korbannya adalah anak muda atau remaja. Oleh karena itu, untuk mencegah hal tersebut terjadi, berikut ini disajikan tips mengelola stres atau beban pikiran dengan sehat untuk Kawan KACA.

1. Menceritakan Keluhan kepada Orang Terdekat atau yang Dipercaya

Menceritakan atau berbicara mngenai keluhan, dan beban pikiran yang menganggu kepada orang terdekat dapat meringankan dan melegakan pikiran kita. Orang terdekat atau orang yang kita percaya pasti akan mendengarkan keluhan yang ada dan memberikan solusi atau sesuatu hal yang sebaiknya dapat dilakukan.

2. Mengembangkan dan Melakukan Hobi atau Kegiatan yang Sesuai Minat dan Kemampuan

Melakukan hobi atau hal yang disukai juga dapat menjadi solusi dalam mengurangi beban pikiran yang ada. Hal itu karena sejenak kita dapat menenangkan dan melupakan segala beban pikiran yang mengganggu.

3. Ibadah dan Mendekatkan Diri Pada Tuhan Yang Maha Esa

Berdoa dan mendekatkan diri pada Tuhan Yang MahaKuasa karena segala hal dalam kehidupan kita tidak lepas dan telah diatur oleh Tuhan Maha Kuasa. Pasti akan ada jalan jika mendekatkan diri dan berserah kepada-Nya.

4. Selalu Berpikir Positif

Segala sesuatu yang kita alami dan hadapi usahakanlah dan sebaiknya selalu berpikir positif. Selain itu, hadapilah segala hambatan atau masalah dengan hati dan pikiran yang jernih serta tenang.

5. Tenangkan Pikiran dengan Relaksasi

Cara satu ini adalah menenangkan pikiran dengan relaksasi. Relaksasi dapat dilakukan dengan cara beristirahat sambil minum atau makan, pergi berlibur atau healing  ke suatu tempat seperti pantai, dan lainnya. Menenangkan pikiran dapat dilakukan sesuai dengan sesuatu hal yang disukai.

6. Menjaga Kesehatan

Mengelola atau mengurangi stres juga diperlukan menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga. Selain itu juga dengan pola makan dan tidur yang baik serta teratur. Jangan lupa juga untuk menerapkan hidup atau perilaku yang bersih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *