Kaksaacitya.com – Musim kemarau berkepanjangan yang membuat udara menjadi lebih panas dan angin berhembus membawa hawa panas dialami oleh masyarakat selama beberapa bulan belakangan. Gerak semu matahari yang membuat matahari berada di posisi lebih tinggi di langit menyebabkan sinar matahari lebih berfokus di permukaan bumi. 

Sinar ultraviolet (UV) yang merupakan gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh  matahari adalah sinar yang paling merusak kulit. Pada kesehatan, sinar UV dapat menyebabkan berbagai masalah seperti kanker kulit, penuaan dini, mata terbakar dan kerusakan mata, sampai kerusakan sistem kekebalan tubuh.

Bertujuan untuk menghindari berbagai masalah yang ditimbulkan oleh sinar UV, inilah beberapa cara untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari secara langsung.

1. Menggunakan Tabir Surya (sunscreen)

Penggunaan tabir surya adalah cara terbaik untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Disarankan menggunakan tabir surya dengan SPF (Sun Protection Factor) 30 atau lebih tinggi lalu mengaplikasikan pada seluruh kulit seperti wajah, leher, kaki, tangan, dan bagian kulit lainnya yang tidak tertutup pakaian. Pemakaian kembali (repeat) setiap dua jam sekali untuk memaksimalkan penggunaan. 

2. Mengenakan Pakaian Pelindung

Topi, kacamata hitam, dan pakaian lengan panjang sangat dianjurkan untuk digunakan terutama saat berpergian atau di luar ruangan untuk membantu melindungi kulit dari sinar matahari. Pilihlah pakaian yang membantu memblokir sinar matahari.

3. Hindari Sinar Matahari Pukul 10 Pagi dan 4 Sore

Pukul 10 pagi dan 4 sore dikatakan bahwa sinar matahari paling kuat muncul pada pukul itu. Oleh karena itu, diharapkan untuk menghindarinya.

4. Cari Tempat Teduh

Jika poin nomor 3 tidak memungkinkan, maka mencari tempat berteduh adalah solusinya. Maka, tempat yang teduh seperti bawah pohon atau dalam ruangan dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung.

5. Minum Banyak Air

Paparan sinar matahari dikatakan dapat membuat dehidrasi. Meminum banyak air diharapkan agar tetap terhidrasi dan menjaga kulit tetap sehat. Disarankan meminum air putih suhu ruangan bukan dingin atau es karena dikhawatirkan membuat sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *